Halo Sobat Fardenas (Farmasi & Dental Asisten)… dan salam Taruna Satya Abdi Husada…

Kapan sih kita mulai haus? Mungkin sehabis olah raga… atau aktivitas lain…. kalau siswa kami sih sehabis meracik resep waktu praktikum di lab resep atau waktu praktikum asistensi Dental asisten pastinya pada haus. Nah berikut ulasan bagaimana kebutuhan air minum bagi tubuh kita..
Air merupakan kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup, menurut sumber wikipedia, Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Nah biar lebih detail silakan baca juga ya di wikipedia.

Beberapa hal yang bisa menjadi indikator kita untuk mengetahui kecukupan air minum dalam sehari :

1. Frekuensi Buang Air Kecil

Jika kamu sering buang air kecil, itu menandakan bahwa asupan air kita cukup. Dan apabila kurang itu bisa jadi memang kurang minum. Organ yang sehat biasanya buang air kecil rata-rata sebanyak 7 hingga 8 kali sehari.

2. Urin Tidak Berwarna

Cara agar tidak kekurangan air mineral dan dehidrasi?

1. Membawa Botol Air Sendiri

Pastikan kamu membawa botol air sendiri dari rumah dan minum segelas air sebelum melangkah keluar.

Jadikan itu ‘ritual’ sehari-hari.

Hal ini sangat penting jika pekerjaan kamu mengharuskan berada di meja sepanjang hari dengan sedikit aktivitas fisik yang terlibat.

Kemungkinan kamu tidak akan merasa haus.

Tapi, di sinilah botol berguna Anda dapat datang untuk menyelamatkan kamu dari haus.

2. Buat Jadwal

Coba unduh Daily Water Free (untuk iPhone dan Android), Waterlogged (untuk Android dan iPhone), atau Water Alert (untuk iPhone) untuk mengatuir jadwal minum air.

Pilihan lainnya, kamu bisa mengatur alarm ponsel per dua jam sekali (atau lebih) guna mengingatkan untuk lebih banyak minum air putih.

3. Mengganti Minuman bersoda dengan Air

Kita tahu bahwa soda bukan solusi untuk kehausan. Soda bisa membuat orang yang minum malah mudah haus dan ada bahaya yang mengancam kesehatan tubuh. Jadi kurangin minuman bersoda selalu minum air mineral dalam setiap kesempatan.

4. Banyak Makan Makanan Kaya Air

Buah-buahan seperti semangka, nanas, dan sayuran seperti mentimun penuh dengan air. Pastikan kamu memasukkan ini dalam pilihan makananmu. Melakukan hal itu juga akan memastikan terhindar dari terhidrasi sepanjang hari.

5. Hindari Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Dehidrasi

Kurangi makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi. Minuman seperti kopi dan teh juga tak dibenar karena membuat orang juga bisa dehidrasi.

6. Minum air setelah dari kamar mandi

Cobalah membiasakan diri setelah buang air langsung mengambil Segelas air. Ini akan langsung mengganti air yang telah terbuang dari tubuh.

7. Menambahkan Rasa

Apabila bosan dengan air mineral, kamu juga dapat memotong irisan nanas dan mentimun segar atau menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis untuk membuat air mineral kaya rasa